Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Solving ( PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta Tahun 2012/2013 )

Rokhani, Agung and , Drs. Slamet HW, M.Pd. (2013) Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Solving ( PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta Tahun 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan penalaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI KC.2 SMK Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 30 siswa, sedangkan obyek peneltian adalah penalaran dan hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh; 1) Peningkatan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator yang meliputi, antara lain: a) Kemampuan berpikir logis siswa, sebelum tindakan sebesar 30%, putaran I meningkat menjadi 63,33%, dan putaran II meningkat menjadi 76,67%, b) Kemampuan berpikir kritis siswa, sebelum tindakan sebesar 26,67%, putaran I meningkat menjadi 56,67%, dan putaran II meningkat menjadi 70%, c) Kemampuan menarik kesimpulan dalam pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 20%, putaran I meningkat menjadi 46,67%, dan putaran II meningkat menjadi 63,33%; 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang memenuhi nilai ≥75, sebelum tindakan sebesar 43,33%, putaran I meningkat menjadi 63,33%, dan putaran II meningkat menjadi 80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran problem solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, hasil belajar, problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:49
Last Modified: 03 Nov 2021 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item View Item