Sriyanti, Sriyanti and , Drs. Ilham Sunaryo,M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Pada Anak Kelompok B Roudhotul Athfal Sudirman Ngwaru Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
|
PDF (Halaman Depan)
Halmn_Depan.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak RA Sudirman Ngwaru, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Sudirman Ngwaru. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan bahasa anak dan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 45,16% menjadi 61,83% pada siklus I, Siklus II menjadi 80%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran cooperative leraning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B RA Sudirman Ngwaru
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation, kemampuan bahasa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 06:01 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22667 |
Actions (login required)
View Item |