Strategi Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Sragen Untuk Meningkatkan Citra Partai Tahun 2012

Puspitasari, Nofia (2012) Strategi Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Sragen Untuk Meningkatkan Citra Partai Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (850kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaja.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (747kB)

Abstract

Sebagai partai politik yang cukup besar di Kabupaten Sragen, tentu saja PDI Perjuangan akan selalu mengutamakan aspirasi rakyat dan kepuasan rakyatnya. Partai politik dalam hal ini sekaligus menjalankan fungsi marketing politik, yaitu melakukan kampanye politik, mensegmentasi masyarakat, dan melakukan komunikasi dua arah. Marketing politik merupakan hubungan antara partai dengan masyarakat yang didalamnya terdapat pertukaran ide, gagasan ideologi dan program kerja. Partai politik dan kandidat individu mencoba untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan harapan masyarakat. Selain itu program kerja perlu dikomunikasikan dan mendapatkan umpan balik dari masyarakat, sehingga terbentuk hubungan yang berkesinambungan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai tujuan untuk meraih keberhasilan pada partai PDI Perjuangan Kabupaten Sragen dan dalam membangun citra serta memelihara citranya ditengah maraknya persaingan politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi marketing politik di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sragen. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi lapangan (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Metode analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa PDI Perjuangan Kabupaten Sragen menjalankan marketing politik untuk membangun citra positif partai melalui strategi yang terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Untuk program internalnya, dengan membentuk kepengurusan ditingkat cabang sampai kebayanan, kemudian memberikan pembekalan-pembekalan kepada pengurus partai agar mengerti apa fungsinya menjadi pengurus partai, karena mereka akan turun langsung kelapangan untuk mengetahui aspirasi rakyat. Sedangkan untuk eksternalnya berupa kampanye politik yang intensif dilakukan, seperti penanaman sejuta pohon, dropping air bersih, bulan Bung Karno yang mencoba menyentuh segmentasi pemuda dengan mengadakan berbagai acara yang digemari pemuda seperti lomba foto, free style, parade band, bazar. Untuk menyampaikan pesan – pesan yang terkandung dalam kampanye politik tersebut dilakukan penyampaian informasi melalui radio lokal, press release di surat kabar, serta pemasangan baliho disepanjang jalan utama di Sragen. PDI Perjuangan Kabupaten Sragen berhasil membangun citra positif partai, terutamanya dalam membangun brand image sebagai partai yang peduli terhadap “wong cilik” dan para pemuda. Keberhasilan tersebut ditunjang oleh kemampuan membangun hubungan baik dengan media massa dan masyarakat sehingga mampu tercipta kampanye politik yang unik dan konsisten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partai politik, marketing politik, citra politik.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Feb 2013 07:55
Last Modified: 11 Feb 2013 07:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22637

Actions (login required)

View Item View Item