Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Wahyudi, Linda and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adala siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 yang terdiri dari 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dengan penerapan model pembelajaran teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan sebesar 23.91% , setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,94% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,07% pada siklus II. Selain keaktifan siswa yang meningkat hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 47,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajara siswa sebesar 56,52% pada siklus I, dan pada akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 86,96% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran teams assisted individualization pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, teams assisted individualization (TAI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 12:20
Last Modified: 27 Oct 2021 01:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22631

Actions (login required)

View Item View Item