Wahyudi, Linda and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (508kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adala siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 yang terdiri dari 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dengan penerapan model pembelajaran teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan sebesar 23.91% , setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,94% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,07% pada siklus II. Selain keaktifan siswa yang meningkat hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 47,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajara siswa sebesar 56,52% pada siklus I, dan pada akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 86,96% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran teams assisted individualization pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Pajang 1 No.93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, teams assisted individualization (TAI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 08 Feb 2013 12:20 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22631 |
Actions (login required)
View Item |