Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Dan Pengukuran Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri IV Pulokulon, Grobogan

Mutoharoh, Siti Nikmatun and , Drs. Mulyadi SK. SH., M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Dan Pengukuran Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri IV Pulokulon, Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan Pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri IV Pulokulon,grobogan sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 43 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada tindakan kelas putaran I siswa yang mendapat total nilai 3 – 5 sebanyak 4 siswa (9,30 %), siswa yang mendapat total nilai 6 – 8 sebanyak 1 siswa (2.32 %), siswa yang mendapat total nilai 9 – 11 sebanyak 25 siswa (58,13 %), siswa yang mendapat total nilai 12 – 14 sebanyak 13 siswa (30,23 %) dan yang mendapat total nilai 15 – 16 sebanyak 3 siswa (6,97%). Pada Putaran II siswa yang mendapat total nilai 3 – 5 sebanyak 0 siswa (0%), total nilai 6 – 8 sebanyak 1 siswa (2,32 %), siswa yang mendapat total nilai 9 – 11 sebanyak 25 siswa (58,13 %), siswa yang mendapat total nilai 12 – 14 sebanyak 13 siswa (30,32 %) dan yang mendapat total nilai 15 – 16 sebanyak 4 siswa (9,30%), pendekatan kontekstual melalui pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri dan pengukuran siswa, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman_konsep, Pendekatan_kontekstual, Barang_bekas, Media_pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 12:11
Last Modified: 27 Oct 2021 01:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22630

Actions (login required)

View Item View Item