Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Reversal Question Pada Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV MI Sudirman Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Widayatun, Tatik and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Reversal Question Pada Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV MI Sudirman Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (519kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (317kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Role Reversal Questions. 2. Untuk meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV yaitu Hanik Hidayati dan siswa kelas IV MI Sudirman Ngunut Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 17 siswa yang terdiri 11 Putra dan 6 Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II aspek mengajukan pendapat dari 4 atau 23% menjadi 16 atau 94%. Aspek menjawab pertanyaan dari 4 atau 23% menjadi 14 atau 82%. Aspek mengemukakan pendapat dari 8 atau 47% menjadi 15 atau 88%. Aspek melaksanakan tugas dari 5 atau 29% menjadi 14 atau 82%. Aspek kerjasama dalam kelompok dari 7 atau 41% menjadi 15 atau 88%. Sedangkan untuk hasil belajar, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dalam proses pembelajaran PKn melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions yaitu hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 41% atau sebanyak 7 siswa sampai siklus II pertemuan kedua sebesar 88% atau sebanyak 15 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Reversal Question, keaktifan belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 11:45
Last Modified: 27 Oct 2021 01:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22628

Actions (login required)

View Item View Item