Widayatun, Tatik and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Role Reversal Question Pada Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV MI Sudirman Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (439kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (519kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (317kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Role Reversal Questions. 2. Untuk meningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV yaitu Hanik Hidayati dan siswa kelas IV MI Sudirman Ngunut Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 17 siswa yang terdiri 11 Putra dan 6 Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II aspek mengajukan pendapat dari 4 atau 23% menjadi 16 atau 94%. Aspek menjawab pertanyaan dari 4 atau 23% menjadi 14 atau 82%. Aspek mengemukakan pendapat dari 8 atau 47% menjadi 15 atau 88%. Aspek melaksanakan tugas dari 5 atau 29% menjadi 14 atau 82%. Aspek kerjasama dalam kelompok dari 7 atau 41% menjadi 15 atau 88%. Sedangkan untuk hasil belajar, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dalam proses pembelajaran PKn melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions yaitu hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 41% atau sebanyak 7 siswa sampai siklus II pertemuan kedua sebesar 88% atau sebanyak 15 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Reversal Question, keaktifan belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 08 Feb 2013 11:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 01:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22628 |
Actions (login required)
View Item |