MARYATUN, MARYATUN (2012) Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (516kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (396kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model practice rehearsal pairs. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik practice rehearsal pairs. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Malanggaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 31,2 %, pada siklus II adalah 81,25 %. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,2 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam bersikap sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan 31,2 %, pada siklus I adalah 56,25 %, pada siklus II adalah 75 %. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum tindakan hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 56,5 sedangkan pada siklus I, nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5 % dengan nilai rata-rata 70,31. Pada siklus II nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 81,25 % dengan rata-rata nilai 74,06.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | practice rehearsal pairs dan aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 08 Feb 2013 11:15 |
Last Modified: | 08 Feb 2013 12:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22623 |
Actions (login required)
View Item |