SETIYOWATI, YUNI (2012) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pajang1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 27 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 42 siswa (91,30%).. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar dan ARIAS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 08 Feb 2013 10:57 |
Last Modified: | 08 Feb 2013 12:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22619 |
Actions (login required)
View Item |