Pelaksanaan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo Tahun Pelajaran 2011/2012

WIDAYAT, HARI (2012) Pelaksanaan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (416kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan :(1) keaktifan belajar IPA melalui penerapan metode Jigsaw pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo; (2) hasil belajar IPA melalui penerapan metode Jigsaw pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran siklus I dari 20 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012, dari data sebanyak 20 siswa masih terdapat 9 siswa atau 45 % yang belum tuntas dan 11 anak atau 55% tuntas. Pada pembelajaran siklus II dari nilai 20 siswa yang telah mencapai tuntas sebanyak 15 siswa atau 75%, sedangkan yang belum tuntas tinggal 5 siswa atau 25 %. Sedangkan siklus III dari 20 siswa dapat tercapai ketuntasan sebanyak 18 siswa atau 90%, sedangkan yang belum tuntas dua siswa atau 10%, sehingga peningkatan ketuntasan siswa sebesar 15%, kondisi ini menunjukkan ketercapaian dari indikator kinerja yang telah berada di atas 85%, maka pembelajaran siklus III dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Plosorejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode jigsaw, hasil belajar IPA, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 10:46
Last Modified: 08 Feb 2013 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22618

Actions (login required)

View Item View Item