Perbedaan Tingkat Depresi Antara Remaja Terlantar Yang Orangtuanya Lengkap Dan Yang Tidak lengkap Di Panti Rehabilitasi Sosial Kumuda Putra Putri Magelang

Nugraheni, Dinarlin Feni (2012) Perbedaan Tingkat Depresi Antara Remaja Terlantar Yang Orangtuanya Lengkap Dan Yang Tidak lengkap Di Panti Rehabilitasi Sosial Kumuda Putra Putri Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (554kB)

Abstract

Latar belakang : Tumbuh kembang remaja memerlukan kasih sayang, perhatian, pendidikan, pembinaan yang bersifat kejiwaan yang dapat diberikan orangtua di dalam kehidupan suatu keluarga. Gangguan dalam keutuhan keluarga misalnya karena kematian, perceraian dan peran orangtua yang tidak mampu memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani menyebabkan masalah keterlantaran yang mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang dan beresiko mengalami depresi. Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan tingkat depresi antara remaja terlantar yang orangtuanya lengkap dan yang tidak lengkap di Panti Rehabilitasi Sosial Kumuda Putra Putri Magelang. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan metode random sampling, sehingga dari data primer sebanyak 140 sampel diperoleh data yang dapat dianalisis sebanyak 116 sampel. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-square melalui SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian : Dari uji beda Chi-square di dapatkan p= 0,000 (p= < 0,05) maka HO ditolak dan HI dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan secara statistik bahwa terdapat perbedaan tingkat depresi antara remaja terlantar yang orangtuanya lengkap dan yang tidak lengkap di Panti Rehabilitasi Sosial Kumuda Putra Putri Magelang. Saran : Memberikan perhatian lebih pada remaja dari segi fisik maupun psikologis agar dapat beradaptasi dan menerima kondisi keluarga khususnya pada remaja dengan orangtua tidak lengkap sehingga dapat menurunkan angka kejadian depresi karena kematian orangtua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: remaja terlantar, orangtua lengkap, tingkat depresi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Feb 2013 11:10
Last Modified: 04 Feb 2013 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item