Martiani, Wahyu (2012) Peningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assesment Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ngembak Kec. Purwodadi Kab.Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (534kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (460kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif Instant Assesment pada siswa kelas IV SD N 3 Ngembak Purwodadi Grobogan semester gasal tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas ( PTK).Subjek penelitian adalah siswa SD N 3 Ngembak yang berjumlah 21 siswa. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya sebuah penigkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif Instant Assesment. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Kektifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 9,52%, siklus I 38,09%, siklus II 80,95%, 2) Keaktifan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 28,57 %, siklus I 71,42%, siklus II 95,23%, 3) Keaktifan siswa mengemukakan alasan sebelum tindakan 9,52 %, siklus I 57,14%, siklus II 85,71 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Instant Assesment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instant Assesment, keaktifan siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Feb 2013 10:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2013 10:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22534 |
Actions (login required)
View Item |