HIDAYATI , NILA (2008) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD DR MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
K100040056.pdf Download (88kB) |
|
PDF
K100040056.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Instalasi Farmasi RSUD Dr Moewardi Surakarta merupakan salah satu penyedia layanan jasa kesehatan yang banyak melayani konsumen. Konsumen sebagai pengguna jasa menuntut adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sehingga jarak antara harapan dan kenyataan mengenai pelayanan kesehatan semakin dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan dalam menerima pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Moewardi Surakarta yang ditinjau dari dimensi berwujud, keandalan, daya tanggap, kepastian dan empati terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara survei lapangan dengan alat kuesioner. Respondennya adalah pasien rawat yang telah merasakan pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Teknik pengambilan sampelnya yaitu accidental sampling. Analisis datanya diatur dengan skala likert. Mengetahui kepuasan responden dilakukan dengan membagi jasa yang diperoleh dengan jasa yang diharapkan, hasil pembagian tersebut dihubungkan dengan kategori tingkat kepuasan. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di IFRS Dr. Moewardi Surakarta menunjukkan bahwa 84% responden tingkat kepuasannya dalam kategori cukup dan 16% responden tingkat kepuasannya dalam kategori tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pasien Rawat Jalan, IFRS Dr. Moewardi Surakarta. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 08 Jun 2009 06:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 00:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |