Putri , Mamik Lis Swartin Eka (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Lingkungan Di SMA Negeri 3 Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (235kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (295kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (454kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 semarang kurang menarik perhatian peserta didik, karena mata pelajaran ekonomi bagi peserta didik SMA 3 kususnya dan Siswa SMA pada umumnya bukan merupakan mata pelajaran yang difaforitkan. Seperti matematika, kimia maupun fisika yang menjadi prasyarat utama masuk jurusan IPA. Tujuan penelitian adalah menghasilkan suatu model pembelajaran yang efektif dan adaptable untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi akademik siswa SMA Negeri 3 Semarang pada mata pelajaran Ekonomi dalam rangka mendukung implementasi KTSP. Pendekatan penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian, peserta didikkelas X sebagai populasi pelaksanaan uji coba. Alat pengumpulan data, pedoman observasi dan analisis hasil tes. Teknik analisis data, secara deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi, metode sumber dan peneliti lain. Hasil penelitian 1) model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan desain model melalui langkah-langkah (a) informasi subtantif, (b) pembentukan konsep Taba dengan kegiatan membandingkan dan menjelaskan perbedaan, (c) analogi personal, (d) eksplorasi dan (e) memunculkan analogi baru dan implementasi model pembelajarannya dengan prosedur evaluasi mengacu aspek-aspek pemahaman kompetensi (konsep) , yaitu menunjukan kesadaran diri, mendemontrasikan kerja mandiri, menggunakan pendekatan objektif dalam memecahkan masalah, memelihara kebiasaan hidup sehat, dan menerapkan pola kerja sama dalam kegiatan kelompok, 2)_Implementasi model pembelajaran ekonomi dengan pendekatan jigsaw di SMA Negeri 3 Semarang berpengaruh pada peningkatan pemahaman konsep peserta didik, dan 3)Ada peningkatan prestasi akademik melalui implementasi model pembelajaran ekonomi dengan pendekatan jigsaw di SMA Negeri 3 Semarang Saran peneliti, (1) penentu kebijakan (Kepala sekolah, dalam hal ini Kepala SMA 3 Semarang) hendaknya mendukung usaha peningkatan pemahaman kompetensi peserta didik, (2) Guru hendaknya bersungguh-sungguh dalam merancang desain model pembelajaran sampai pada implementasinya, (3) perlu adanya pengkajian tentang efektivitas model pembelajaran berbasis mencari informasi dalam mata pelajaran lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran , berbasis lingkungan. tujuan pembelajaran, dan perubahan perilaku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 29 Jan 2013 11:04 |
Last Modified: | 29 Jan 2013 11:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22467 |
Actions (login required)
View Item |