Siwi, Lucy Prasetyo and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2013) Penggunaan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa, Kelas VII SMP N 5 Sukoharjo, Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (14MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (133MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Ada dua tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, (1) Mengetahui peningkatan kemampuan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP N 5 Sukoharjo dalam menceritakan tokoh Pandawa dengan menggunakan media wayang. (2) Mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran berbicara atau bercerita dengan menggunakan media wayang.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan tindakan berupa penyusunan rpp, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan berikutnya. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan praktek berbicara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang penggunaan media wayang untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sukoharjo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus 1 diketahui nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 75, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2335 dan 64,88. Pada silus II diketahui nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 80, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2585 dan 71,80 sedangkan pada siklus terakhir siklus 3 diketahui nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90, dengan jumlah nilai dan rata-rata 2860 dan 79,30. Terjadi peningkatan 10,66 % dari siklus 1 ke siklus II dan 10,64 % dari siklus II ke siklus III. Setelah menggunakan media wayang, siswa menjadi mudah dalam menyampaikan sesuatu, menyenangkan, dan siswa lebih banyak beraktifitas karena dianggap media wayang adalah media yang menyenangkan sambil belajar budaya Indonesia. Selain itu dengan adanya media wayang, peserta didik juga dapat belajar mengenai nama-nama wayang terutama tokoh Pandawa. Penggunaan media wayang ini sangat bermanfaat bagi peserta didik karena peserta didik dapat berlatih berbicara di depan umum dengan baik dan benar tanpa harus malu maupun grogi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media wayang, kemampuan berbicara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jan 2013 10:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22440 |
Actions (login required)
View Item |