Mabruri, Naim (2012) Pengelolaan Sekolah Berbasis Kurikulum Syariah Di Sd Islam Al Fattah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini ada 3 tujuan yang ingin dicapai. (1) Pengelolaan sekolah yang profesional, (2) Peran dan fungsi pengelolaan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, (3) Implementasi kurikulum syariah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Fattah Surakarta. Penelitian ini juga memberikan gambaran tentang pendidikan karakter di SD Islam Al Fattah Surakart. Penelitian ini di laksanakan di SD Islam Al Fattah Surakarta pada Tahun pelajaran 2011/2012, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif yaitu menggambarkan fenomena yang ada yang berlangsung saat ini atau pada masa lampau. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ada tiga. (1) Pengelolaan sekolah yang unggul meliputi prinsip kesamaan dan keadilan dalam pendidikan, mempercepat peningkatan mutu pendidikan, pemberian insentif bagi guru, peningkatan kualitas guru melalu pelatihan, workshop maupun study lanjut. Pendidikan yang dilaksanakan di SD Islam Al Fattah Surakarta adalah pendidikan karakter yang berbasis spiritual experience, yaitu mengalami suatu keadaan dengan keteladanan dapat mempengaruhi pola piker, pola persepsi dan pola perasaan sehingga terimplementasi dalam pola perilaku yang positif. (2) Pengelolaan sekolah yang professional, jujur, disiplin, tertib dan amanah menjadikan sekolah unggul dan berkualitas. Kondisi yang demikian menjadikan guru, karyawan, murid maupun penjaga sekolah memiliki sikap mental yang prima, semangat kerja, disiplin tinggi sehingga memiliki daya juang dan daya saing yang kuat. (3) Implementasi kurikulum syariah di SD Islam Al Fattah Surakarta adalah Kurikulum Pendidikan Nasional yang dikembangkan sesuai dengan cirri khusus yaitu syariat dan ajaran Islam, mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam seluruh kegiatan pembelajaran. Dengan mengimplementasikan ajaranIslam dan menintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dapat menumbuhkan komitmen bersama, bahwa apa yang dilakukan adalah ibadah untuk mencari keridhoaan Allah SWT.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan sekolah , kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 11:05 |
Last Modified: | 23 Jan 2013 11:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22419 |
Actions (login required)
View Item |