Pemasaran jasa pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan

Gunawan, Gunawan (2012) Pemasaran jasa pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (914kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab VI)
7._BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (334kB)

Abstract

Pemasaran jasa pendidikan merupakan bagian yang sangat penting untuk memenangkan persaingan diera modern. SDIT Ar Rahmah Pacitan telah berhasil dalam melakukan pemasaran jasa pendidikan. Hal ini sangat kontras dibanding kebanyakan sekolah dasar di Pacitan yang jumlah peserta didiknya semakin menurun. Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan karakteristik nilai-nilai pemasaran SDIT Ar Rahmah Pacitan, (2) mendeskripsikan karakteristik strategi pemasaran jasa pendidikan SDIT Ar Rahmah Pacitan, (3) mendeskripsikan karakteristik alat-alat komunikasi pemasaran jasa pendidikan SDIT Ar Rahmah Pacitan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain strategi etnografi di SDIT Ar Rahmah Pacitan. Peneliti merupakan instrument. Sebagi data utama ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya seperti dokumen dan lain-lain sebagai data tambahan. Sumber data utama adalah person, sedangkan place dan paper sebagai sumber data pendukung. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu melakukan reduksi, display, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan dilakukan dengan uji credibility, transferability, dependability, dan conffermability. Nilai-nilai pemasaran jasa pendidikan dibangun dari keunikan sekolah, mutu pendidikan, integritas guru, dan mutu pelayanan sekolah. Strategi pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan memadukan strategi offensive marketing dan defensive marketing dengan menjaga loyalitas pelanggan, memelihara relasi, dan mencari pelanggan baru. Alat-alat komunikasi pemasaran jasa pendidikan menggunakan bauran antara penjualan pribadi, iklan, dan hubungan masyarakat dan pemberitaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Jasa Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jan 2013 06:44
Last Modified: 23 Jan 2013 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item