Gunawan, Gunawan (2012) Pemasaran jasa pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (914kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
PDF (Bab VI)
7._BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (334kB) |
Abstract
Pemasaran jasa pendidikan merupakan bagian yang sangat penting untuk memenangkan persaingan diera modern. SDIT Ar Rahmah Pacitan telah berhasil dalam melakukan pemasaran jasa pendidikan. Hal ini sangat kontras dibanding kebanyakan sekolah dasar di Pacitan yang jumlah peserta didiknya semakin menurun. Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan karakteristik nilai-nilai pemasaran SDIT Ar Rahmah Pacitan, (2) mendeskripsikan karakteristik strategi pemasaran jasa pendidikan SDIT Ar Rahmah Pacitan, (3) mendeskripsikan karakteristik alat-alat komunikasi pemasaran jasa pendidikan SDIT Ar Rahmah Pacitan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain strategi etnografi di SDIT Ar Rahmah Pacitan. Peneliti merupakan instrument. Sebagi data utama ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya seperti dokumen dan lain-lain sebagai data tambahan. Sumber data utama adalah person, sedangkan place dan paper sebagai sumber data pendukung. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu melakukan reduksi, display, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan dilakukan dengan uji credibility, transferability, dependability, dan conffermability. Nilai-nilai pemasaran jasa pendidikan dibangun dari keunikan sekolah, mutu pendidikan, integritas guru, dan mutu pelayanan sekolah. Strategi pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan memadukan strategi offensive marketing dan defensive marketing dengan menjaga loyalitas pelanggan, memelihara relasi, dan mencari pelanggan baru. Alat-alat komunikasi pemasaran jasa pendidikan menggunakan bauran antara penjualan pribadi, iklan, dan hubungan masyarakat dan pemberitaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Jasa Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 06:44 |
Last Modified: | 23 Jan 2013 10:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22413 |
Actions (login required)
View Item |