Irowati, Natalia (2012) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Karakter (Studi Situs PAUD Trajumas di Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (146kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan(1) ciri-ciri perencanaan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini berbasis karakter pada PAUD Trajumas di Purworejo, (2) ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini berbasis karakter pada PAUD Trajumas di Purworejo, dan (3) ciri-ciri evaluasi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini berbasis karakter pada PAUD Trajumas di Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di PAUD Trajumas di Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru di PAUD Trajumas Purworejo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Ciri-ciri perencanaan pembelajaran berbasis karakter yang dilakukan oleh pengelola PAUD Trajumas Purworejo ini sudah sesuai dengan Acuan Menu Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Persiapan pembelajaran dilakukan melalui beberapa langkah yaitu menetapkan tahap perkembangan, menetapkan indikator kemampuan, menetapkan konsep pengetahuan yang akan dikenalkan, menetapkan tema, menyusun rencana kegiatan pembelajaran dan menyiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan KBM PAUD Trajumas Purworejo. (2) Ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di PAUD Trajumas Purworejo mengacu pada prinsip belajar sambil bermain. Di PAUD Trajumas Purworejo mempunyai beberapa sentra kegiatan bermain antara lain sentra balok, sentra main peran dan sentra seni/kreativitas. Kegiatan belajar serta bermain di sentra-sentra tersebut mempunyai tujuan masing-masing supaya setelah melakukan kegiatan tersebut siswa dapat memperoleh pengalaman yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan mereka di rumah setelah mereka pulang sekolah maupun dalam kehidupan mendatang sebagai pengalaman hidup. Di PAUD Trajumas Purworejo menggunakan metode pembelajaran belajar sambil bermain dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). (3) Ciri-ciri evaluasi pembelajaran di PAUD Trajumas Purworejo yang bertujuan untuk mengembangkan karakter anak, mengacu pada Acuan Menu Pembelajaran Generik dengan prinsip menyeluruh, berkesinambungan, objektif, mendidik, dan bermakna baik bagi guru, orang tua, anak didik maupun pihak lain yang memerlukan. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan PAUD Trajumas Purworejo terdiri dari 3 kegiatan melalui pengamatan, catatan anekdot dan portofolio
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 10:07 |
Last Modified: | 22 Jan 2013 10:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22409 |
Actions (login required)
View Item |