Rochmad, Rochmad (2012) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa BerbasisBudaya (Studi Situs SMP Negeri 2 Kajoran Kabupaten Magelang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
A_Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ROCHMAD.pdf Download (394kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Jawa berbasis budaya di SMP Negeri 2 Kajoran. (2) proses pembelajaran bahasa Jawa berbasis budaya di SMP Negeri 2 Kajoran. (3) evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran bahasa Jawa berbasis budaya di SMP Negeri 2 Kajoran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kajoran. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil penelitian (1) Pembelajaran bahasa jawa berbasis budaya di SMPN 2 Kajoran dilakukan dengan penuh perencanaan. Adapun hal yang direncanakan meliputi perangkat pembelajaran, materi, metode, media, nara sumber, dan juga instrumen evaluasi. Perencanaan dilakukan jauh sebelum dilakukan kegiatan pemeblajaran dilakuakn sehingga memperlancar kegiatan pembelajaran. Dalam mengundang nara sumber wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat yang dibantu guru bahasa jawa mendatangi beberapa tokoh masyarakat yang pandai dalam berbudaya jawa untuk memberikan materi pembelajaran bahasa jawa. (2) Proses kegiatan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Untuk kegiatan awal guru melakukan apersepsi dengan mengulang materi yang telah diajarkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Jawa dengan memasukkan budaya lokal sebagai salah satu materinya. Setelah kegiatan inti selesai dilaksanakan, guru menutup proses KBM dengan melakukan kegiatan evaluasi untuk materi yang telah diajarkan. (3) Evaluasi tersebut dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. Bentuk evaluasi yang dilakukan terdiri dari 3 kegiatan yaitu evaluasi secara tertulis, lisan dan berbetuk tugas-tugas. Evaluasi dalam bentuk tertulis dilakukan dalam bentuk ulangan harian, kompetensi dasar, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Kegiatan tindak lanjut yang dilakukan berupa remidi dan pengayaan. Keberadaan tutor sebaya dimanfaatkan untuk membantu guru dalam meningkatkan nilai siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, bahasa jawa, budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 08:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2013 08:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22403 |
Actions (login required)
View Item |