Murdono, Murdono (2012) Pengelolaan Sekolah Dasar Regrouping (Studi Situs SDN Gondosuli 2 dan 3 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (477kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (87MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
12._Naskah_Publikasi.pdf Download (158kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Sumber Daya Manuasi (SDM) sekolah dasar regrouping di SDN Gondosuli 2 dan 3 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. (2) sarana dan prasarana sekolah dasar regrouping di SDN Gondosuli 2 dan 3 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. (3) dana sekolah dasar regrouping di SDN Gondosuli 2 dan 3 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Sumber daya manusia sekolah dasar regrouping di SDN Gondosuli 2 dan 3 tidak hanya mengukir prestasi dalam bidang akademik dan non akademik saja, namun mampu menunjukkan sikap santun dan sikap religi. Guru datang tepat waktu di sekolah dan bersedia menjadi pemandu dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang menggunakan prinsip student center dan mengoptimalkan lingkungan sebagai sumber belajar mampu membawa siswa berprestasi. Meskipun dari daerah pelosok namun siswa SDN Gondosuli 2 dan 3 mampu bersaing dengan siswa lainnya seperti pernah menjadi peringkat 1 perolehan nilai UASBN Tingkat kecamatan. (2) Sarana dan prasarana sekolah dasar regrouping di SDN Godosuli 2 mengalami peningkatan dibandingkan sebelum dilakukannya regrouping. Kondisi fisik sangat memadai. Media pembelajaran yang disedikaan tidak hanya berupa alat peraga sederhana saja, namun sudah disediakan media pembelajaran interaktif yang berbentuk animasi. Pihak sekolah mengadakan sarana dan prasarana secara rutin dengan menyusun RKAS yang berisi kegiatan pengadaan dan perawatan sarana dan prasarana. (3) Dana sekolah dasar regrouping di SDN Gondosuli 2 dan 3 dikelola secara transparan dan demokratis. Pihak yang terkait dengan sekolah terlibat dalam penysunan anggaran dana. Dana yang diterima SDN Gondosuli 2 dan 3 berasal dari bantuan pemerintah dann beberapa donasi seperti komite skeolah, orang tua siswa, serta infak siswa. Dana akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan delapan standar nasional pendidikan dengan prinsip prioritas. Dana yang digunakan dilaporakan secara rutin oleh bendahara kepada kepala sekolah setiap bulannya, dan setiap triwulan dilaporakan kepada Dinas Pendidikan kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regrouping, sdm, sarana prasarana, dana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 07:37 |
Last Modified: | 22 Jan 2013 09:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22402 |
Actions (login required)
View Item |