Kurniawan, Taufiq Dedy (2012) Pengelolaan Kelas Bilingual Di SMP Negeri 4 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
JUDUL.pdf Download (933kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (288kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (446kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan media pembelajaran bilingual di SMP Negeri 4 Surakarta. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik interaksi guru dalam pengelolaan kelas bilingual di SMP Negeri 4 Surakarta. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam pembelajaran bilingual di SMP Negeri 4 Surakarta, (4) Untuk mendeskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran bilingual di SMP Negeri 4 Surakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SMP Negeri 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis lintas situs. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan media pembelajaran bilingual di SMP Negeri 4 Surakarta, dilakukan oleh guru dengan melakukan perencanaan pengunaan media yang akan digunakan yang isinya meliputi bagaimana menggunakan, dan bagaimana merawat media pembelajaran. Dan sebelum memulai pembelajaran bilingual guru mempersiapkan laptop masing-masing yang telah dilengkapi dengan aplikasi powerpoint yang telah dipersiapkan sebelumnya. (2) Dalam mengelola kelas guru berinteraksi dengan kepala sekolah, guru lain, siswa, staf dan orang tua siswa. Interaksi dengan guru dilakukan dalam bentuk kegiatan workshop internal, terjadi dalam jam dinas maupun di luar jam dinas dalam suasana formal dan non formal. Interaksi guru dengan guru tamu (totor asing) dilakukan sebagai sarana sharing, dan sarana meningkatkan kemampuan berbahasa. (3) Aktivitas guru dalam pembelajaran bilingual dilakukan dalam 3 tahapan yaitu tahapan sebelum pengajaran, tahapan pengajaran, dan tahap sesudah pengajaran. Pada tahap sebelum pengajaran guru menyusun program tahunan pelaksanaan kurikulum, program semester pelaksanaan kurikulum, program satuan pelajaran dan perencanaan program mengajar, (4) Interaksi Guru dan siswa dalam pembelajaran bilingual dilakukan oleh guru sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan, sikap dan kecakapan dalam penggunaan berbahasa Inggris, setiap guru dan siswa menyadari pentingnya tujuan pembelajaran. Dan dalam melakukan interaksi dilakukan dengan sesuai pada prosedur yang telah ditetapkan atau langkah-langkah yang relevan
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pengorganisasian, interaksi pembelajaran bahasa inggris. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 07:18 |
Last Modified: | 22 Jan 2013 09:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22400 |
Actions (login required)
View Item |