Suwanto, Suwanto (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kompetensi (Studi Situs SD N Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN_SUWANTO.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I-SUWANTO.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II-SUWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III-SUWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV-SUWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V-SUWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab VI)
09.BAB_VI-SUWANTO.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA-SUWANTO.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN-SUWANTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_SUWANTO.pdf Download (758kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pertama, Kepemimpinan kepala sekolah dalam kompetensi manajemen Keuangan di SDN Bergas Kidul 03. Kedua, Kepemimpinan kepala sekolah dalam kompetensi supervisi di SDN Bergas Kidul 03. Ketiga, Kepemimpinan kepala sekolah dalam kompetensi sosial di SDN Bergas Kidul 03. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD N Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepla sekolah dan guru di SD N Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil dari penelitian ini adalah pertama pelaksanaan manajemen keuangan di SD Bergas Kidul 03 dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yaitu akuntabel, transparan dan efisien. Dana yang dimiliki sekolah bersumber dari pemerintah yaitu dana BOS. Dalam proses maanjemen keuangan sekolah diawali dengan adanya kegiatan penganggaran dana sekolah. Proses alokasi keuangan sekolah didasarkan pada skala prioritas. Kepala sekolah dibantu oleh bendahara dalam pengelolaan keuangan sekolah. Peran kepala sekolah dalam proses pertanggungjawaban keuangan sekolah adalah sebagai pengontrol laporan yang telah dibuat oleh bendahara sekolah yang di buat setiap 3 bulan sekali. Kedua, Kepala sekolah melakukan kegiatan supervisi sebanyak 2 kali dalam sebulan. Supervisi pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah sebagai bagian dari proses manajemen yang didahului dengan perencanaan setiap awal tahun pelajaran. Supervisi pembelajaran dilakukan dengan cara observasi pembelajaran dan kemudian berkomunikasi dengan guru yang bersangkutan. Tahapan terakhir dari kegiatan supervisi adalah umpan balik atau feed back. Fungsi umpan balik dalam pelaksanan supervisi pembelajaran mengkomunikasikan hasil supervisi kepada guru sebagai feedback atau balikan untuk memperbaiki kesalahan dengan tindak lanjutnya. Ketiga, Kompetensi sosial kepala sekolah dapat terlihat dari sikap terampil kepala sekolah untuk bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 11:32 |
Last Modified: | 21 Jan 2013 11:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22394 |
Actions (login required)
View Item |