Setiawan, Kurnia Andi (2012) Pengaruh Minat Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab V)
08.__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh Minat belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh Minat belajar dan Media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan tahun ajaran 2011/2012 yang telah menempuh mata pelajaran 245 siswa dengan sampel sebanyak 61 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 102,865+ 0,483X1 + 0, 473X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh Minat belajar dan Media Pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan Minat belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,625 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011 dengan sumbangan efektif sebesar 16,8 %; 2) Ada pengaruh yang signifikan Media Pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,129 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 11,6 %; 3). Ada pengaruh yang signifikan Minat belajar dan Media Pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambung Macan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,492 > 3,156 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,284. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,284 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara minat belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,4 % sedangkan 71,6 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Media Pembelajaran, prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 11:06 |
Last Modified: | 21 Jan 2013 11:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22393 |
Actions (login required)
View Item |