Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis IT Kelas XII di SMAN 1 Getasan

Ariyanti, Ariyanti (2012) Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis IT Kelas XII di SMAN 1 Getasan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._Naskah_Publikasi_Tesis_Ariyanti.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pertama materi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Kedua, strategi pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Ketiga, media dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Keempat interaksi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, siswa dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, materi pembelajaran ekonomi kelas XII SMAN 1 Getasan yang dikemas dengan menggunakan IT meliputi materi laba rugi dan manajemen. Sumber materi diambilkan dari buku paket ekonomi, terbitan yudistira, LKS dan internet. Materi laba rugi dan manajemen diberikan dalam bentuk sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Bentuk materi bervariasi seperti disajikan dalam bentuk bagan, gambar, tulisan, animasi, video, dan juga online. Kedua, Strategi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan tidak hanya memfokuskan pada penggunaan teknologi saja, namun dilakukan dengan prinsip siswa aktif. Strategi contexstual teaching learning (CTL) digunakan guru yang dikemas dengan berbagai metode inovatif seperti debat aktif. Kegiatan debat aktif didukung dengan fasilitas yang memadai seperti LCD dan Laptop. Siswa mengemukakan argument tentang materi laba rugi dan manajemen dengan menunjukkan slide prentasi dengan menggunakan LCD. Ketiga, Media pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan sangat praktis karena berbentuk elektronik yang disajikan melalui LCD atau player. Media yang digunakan dibuat oleh sendiri guru SMAN 1 Getasan, dengan menggunakan software macromedia flash. Media untuk materi laba rugi dan juga manajemen dibuat dalam bentuk video dan juga animasi sehingga siswa paham dengan materi yang disajikan dengan menggunakan media tersebut. Keempat, pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan berjalan interaktif. Interaksi berlangsung satu arah dan dua arah. Interaksi satu arah terjadi ketika guru menyampaikan materi yang membutuhkan pemahaman, dan siswa hanya diminta untuk memperhatikan seperti materi menghitung laba rugi. Interaksi dua arah terlihat dari aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan tanya jawab, kegiatan kelompok belajar, dan juga diskusi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ekonomi, materi, strategi, media, interaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jan 2013 10:55
Last Modified: 21 Jan 2013 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22391

Actions (login required)

View Item View Item