Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Hitung Kelompok A Di Tk Pertiwi Karangpakel Desa Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

SAYANTI , LISA (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Hitung Kelompok A Di Tk Pertiwi Karangpakel Desa Karangpakel Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di TK Pertiwi Karangpakel Klaten kelompok A Tahun Pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas A TK Pertiwi Karangpakel klaten berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifaf kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan kartu hitung. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif yang membandingkan hasil amatan dari kondisi prasiklus sampai siklus 3. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak dalam kegiatan pembelajaran melalui permainan kartu hitung di TK Pertiwi Karangpakel Klaten kelompok A Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam setiap tindakan yang dilakukan. Adapun peningkatan kemampuan berhitung permulaan dapat dilihat dari sebelum tindakan sampai pada siklus III yakni pada saat sebelum tindakan33.9%, siklus I 52.07%, siklus II mencapai 62.4%, siklus III mencapai 81.8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, permainan kartu hitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2013 11:53
Last Modified: 16 Jan 2013 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item