Rachmandasari, Fitria (2012) Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Awal.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (832kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen. 3) Untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen. Sampel diambil sebanyak adalah 105 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 63,723 + 0,184X1 + 0,142X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh self-regulated learning dan minat belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh self-regulated learning terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,049 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dan sumbangan efektif sebesar 9,16%. 2) “ Ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen ” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,475 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015 dan sumbangan efektif sebesar 6,44%. 3) “ Ada pengaruh self-regulated learning dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalijambe Sragen ” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,446 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,156 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh self-regulated learning dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS adalah sebesar 15,6%, sedangkan 84,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 Jan 2013 12:12 |
Last Modified: | 14 Jan 2013 12:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22344 |
Actions (login required)
View Item |