Analisis Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Pada Guru Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 2 Mantingan

Nugroho, Pungki (2012) Analisis Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Pada Guru Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 2 Mantingan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (405kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi wujud alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mantingan, (2) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mantingan, dan (3) mendeskripsikan pengaruh positif dan negatif penggunaan alih kode dan campur kode yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mantingan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa rekaman tuturan guru bahasa Indonesia kelas VII dan VIII saat interaksi pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dan ekatralingual. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) alih kode yang digunakan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mantingan berwujud alih bahasa yang mencakup peristiwa alih kode ekstern dan alih kode intern, sedangkan campur kode berwujud penyisipan partikel, kata, gabungan partikel dan kata, frase, dan klausa; (2) faktor yang melatar belakangi terjadinya alih kode adalah perubahan situasi, musibah kecil yang dialami guru, perasaan kesal kepada peserta didik, perencanaan sebelum pembelajaran, keakraban guru dengan peserta didik, guru ingin bercanda dengan peserta didik, topik pembicaraan, mengimbangi kemampuan berbahasa peserta didik, rangsangan lain yang menarik perhatian guru, dan kebiasaan guru menggunakan bahasa Jawa, sedangkan campur kode dilatarbelakangi oleh keterpaksaan teknologis, kesalahan tuturan guru, ketidaksadaran guru, dan penekanan kata-kata atau ujaran tertentu; (3) pengaruh positif penggunaan alih kode yaitu interaksi pembelajaran bahasa Indonesia menjadi kondusif, interaksi pembelajaran bahasa Indonesia tidak menjenuhkan, peserta didik lebih memahami pembelajaran, campur kode dapat menjadi penguat atau penegas tuturan, mampu membangkitkan rasa humor, sedangkan pengaruh negatif penggunaan alih kode dan campur kode di antaranya situasi menjadi kurang formal, menipisnya penghargaan terhadap bahasa Indonesia, dan menimbulkan peristiwa interferensi dan integrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alih kode dan campur kode
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jan 2013 10:53
Last Modified: 14 Jan 2013 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item