Wahyuningsih, Arum (2006) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Portofolio (Ptk Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Ngemplak KidulMargoyoso Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika, 2) untuk mengetahui apakah keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa, 3) untuk mengetahui apakah rencana pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan model pembelajaran portofolio . Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kidul Margoyoso Pati sejumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, kemudian proses analisis data dikembangkan secara deskriptif dengan mencari daya serap siswa melalui latihan soal pada setiap putaran. Data sebelum diadakan penelitian yaitu: 1) keaktifan siswa dalam bertanya sebesar 5,9%, 2) keaktifan siswa mengemukakan ide/gagasan sebesar 2,94, 3) keaktifan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebesar 8,82%, 4) prestasi belajar siswa sebesar 29,41%. Setelah pembelajaran dengan portofolio, data penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: 1) keaktifan siswa dalam bertanya pada putaran I 29,41%, putaran II 44,12%, putaran III 64,71%, 2) keaktifan siswa mengemukakan ide/gagasan pada putaran I 23,53%, putaran II 35,29%, putaran III 52,94%, 3) keaktifan siswa mengerjakan soal di depan kelas pada putaran I 35,29%, putaran II 52,94%, putaran III 73,53%, 4) prestasi belajar siswa pada putaran I 52,99%, putaran II 61,76%, putaran III 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan model pembelajaran menggunakan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran, portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 10:56 |
Last Modified: | 02 Jan 2013 10:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22285 |
Actions (login required)
View Item |