Astuti, Dwi Maria (2006) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Smp Dengan Penguatan Kemampuan Dasar Melalui Pendekatan Konstruktivisme ( Ptk Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah I Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALLAMAN_DEPAN.pdf Download (692kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (512kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTATKA.pdf Download (497kB) |
|
|
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar matematika siswa yang dapat berimbas pada hasil belajar matematika siswa. Aktivitas belajar matematika siswa ditingkatkan dengan pemberian penguatan kemampuan dasar melalui pendekatan konstruktivisme di mana siswa diingatkan kembali tentang operasi-operasi dasar dan diarahkan untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui aktivitas yang dilakukan. Dengan kata lain, tanpa diajar secara paksa, siswa akan memahami sendiri apa yang mereka lakukan dan pelajari melalui pengalamannya. Subyek pemberi tindakan dalam penelitian adalah guru matematika kelas VII D SMP Muh. I Surakarta sedangkan subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Muh. I Surakarta. Sumber data berasal dari dokumentasi, hasil observasi dan catatan lapangan tiap putaran yang didukung hasil test awal dan test akhir. Analisis data dilakukan dengan metode alur yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada putaran I, putaran II dan putaran III berturut-turut yaitu: aktivitas bertanya (37.84%, 54.05%, 64.86%), mengemukakan pendapat (29.73%, 51.35%, 59.46%), menjawab pertanyaan (54.05%, 70.27, 81.08%), mengerjakan soal ke depan kelas (43.24%, 62.16%, 72.97%), dan mengerjakan soal latihan (67.57%, 75.68%, 89.19%). Sedangkan hasil test awal dan test akhir mengalami kenaikan nilai rata-rata kelas() x dari 28.61 menjadi 58.96 dan penurunan simpangan baku (s) 14.52 menjadi 12.44. Artinya aktivitas belajar matematika siswa meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Penguatan, Kemampuan Dasar, Konstruktivisme, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Dec 2012 11:54 |
Last Modified: | 04 Jan 2013 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22255 |
Actions (login required)
View Item |