Model Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Smp N 1 Comal Pemalang

Khamid, Ali (2006) Model Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Smp N 1 Comal Pemalang. Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Perencanaan pembelajaran, 2. Pelaksanaan pembelajaran, 3. Penilaian pembelajaran, 4. Pengawasan pembelajaran, dan 5. Administrasi kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus genetik yang diarahkan untuk memahami secara menyeluruh suatu kasus tunggal. Sumber data yang dipergunakan adalah kepala sekolah, guru matematika dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung dan analisa dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data . Analisis data dilaksanakan dengan analisis mengalir. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan persiapan-persiapan antara lain menjabarkan silabus dan sistem penilaian serta rencana pembelajaran (RP), (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahapan pendahuluan, kegiatan inti dan tahapan penutup, (3) Penilaian pembelajaran matematika dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah Penilaian Berbasis Kelas (PBK), (4) Proses pengawasan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan umpan balik, (5) Administrasi kelas dilaksanakan oleh seorang guru wali kelas dan staf -staf khusus bagian administrasi siswa. Administrasi kelas ini meliputi catatan-catatan tentang siswa, diantaranya buku induk siswa, buku kelas siswa (legger), buku mutasi siswa, buku pegangan siswa, daftar absensi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Berbasis Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 11:27
Last Modified: 04 Jan 2013 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22254

Actions (login required)

View Item View Item