Sholichin, Muhammad (2012) Pengelolaan Bimbingan Dan Konseling Rsbi Smp Negeri 1 Bojonegoro. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
PDF (Bab V)
04_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
PDF (Bab VI)
04_BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
05_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
06_LAMPIRAN_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_ARTIKEL_PUBLIKASI_JADI.pdf Download (399kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik (1) perencanaan bimbingan dan konseling di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro, (2) pelaksanaan bimbingan dan konseling di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro, dan (3) evaluasi dan tindak lanjut bimbingan dan konseling di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian dilakukan di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro, yang beralamat di Jalan MH Tamrin no. 98 telpon (0353) 881173 Bojonegoro, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan Bimbingan dan Konseling di RSBI SMPN 1 Bojonegoro berpedoman pada beberapa ketentuan yaitu; (a) program bimbingan dan konseling disusun berdasarkan kebutuhan nyata siswa, lengkap dan menyeluruh, (b) memuat segenap fungsi bimbingan konseling, (c) sistematis, (d) disusun menurut urutan logis, sinkron, dan tidak tumpang tindih, (e) terbuka dan luwes, (f) mudah menerima masukan tanpa harus mengubah program secara menyeluruh, (g) memungkinkan kerjasama dengan pihak terkait, dan (h) memungkinkan adanya penilaian dan tindak lanjut. (2) Pelaksanaan Bimbingan dan konseling di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro (a) dilakukan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat, dan pihak-pihak yang terkait, (b) bekerja sama dengan pendidik dan personil sekolah lainnya, (c) konselor berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin, insidental dan keteladanan, (d) menyediakan layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran atau penguasaan konten, konseling perorangan, konseling kelompok, dan bimbingan kelompok. (3) Evaluasi dan Tindak Lanjut Bimbingan dan Konseling di RSBI SMP Negeri 1 Bojonegoro mencakup empat komponen yaitu: (a) evaluasi peserta didik (input), (b) evaluasi program, (c) evaluasi proses pelaksanaan program bimbingan dan konseling, dan (d) evaluasi hasil pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Ada lima tahapan penilaian bimbingan dan konseling: (a) penilaian jangka pendek (LAIJAPEN), (b) penilaian jangka panjang (LAIJAPANG), (c) penilaian proses dan hasil, (d) pencantuman kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling dalam LAPELPROG, dan (e) pelaporan secara kualitatif hasil kegiatan pelayanan Bimbingan dan Konseling secara keseluruhan dalam satu semester untuk setiap peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, bimbingan dan konseling. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 06:11 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22221 |
Actions (login required)
View Item |