Basuki, Ramlan (2012) Pengelolaan Pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
JUDUL_DAN_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (391kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LEMBAR_KERJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakteristik kegiatan siswa dan guru dalam pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. (2) untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan alat peraga dalam pembelajaran permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. Dan (3) untuk mendeskripsikan karakteristik setting kelas dalam pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SMK Negeri 2 Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis etnografis. Penelitian ini menghasilkan: (1) Kegiatan siswa dalam pembelajaran teori permesinan, diawali dengan mempersiapkan alat tulis dan buku teori permesinan. Kegiatan siswa tergantung dari aktivitas pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Metode yang biasa digunakan guru adalah metode ceramah, metode demonstrasi dan metode kooperatif. Kegiatan guru dalam pembelajaran teori diawali dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, sumber bahan ajar dan alat peraga, selain itu guru juga memperhatikan kesiapan kelas dan kesiapan siswa. (2) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran teori permesinan antara lain: white board, multi media, media gambar, OHP proyektor, LCD, media cetak, sample hasil praktik pembelajaran teori. Untuk alat peraga multimedia OHP Proyektor dan LCD karena jumlahnya terbatas, maka dalam penggunaannya diatur oleh ketua program permesinan. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran praktik permesinan antara lain: gerinda tangan, hand rivet, jangka bengkok, jangka geser, jangka kaki, mesin bor, mesin bubut, mesin fris tegak, mesin fris universal, mesin gerenda, mesin gergaji, mesin skrap, mestar baja (1 m), mikrometer, tangkai snei, tangkai tap, sney 10 m, squitmatch, generator asitilin, gunting tangan lurus, ragum, regulator, trafo diesel, dan trafo las listrik. (3) Ruang pembelajaran teori permesinan menggunakan ruang kelas program keahlian permesinan, terkecuali bila guru menghendaki perubahan. Penyusunan meja dan kursi siswa ditata dengan model kelas, dengan meja guru diposisikan di depan meja siswa. Ruang pembelajaran teori permesinan dilengkapi dengan berbagai sampel hasil praktek sebagai media pembelajaran dan tempatkan pada almari hasil praktik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan siswa dan guru, alat peraga, setting kelas,permesinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 11:57 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 11:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22217 |
Actions (login required)
View Item |