Pengelolaan Pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen

Basuki, Ramlan (2012) Pengelolaan Pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
JUDUL_DAN_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LEMBAR_KERJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakteristik kegiatan siswa dan guru dalam pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. (2) untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan alat peraga dalam pembelajaran permesinan di SMK Negeri 2 Sragen. Dan (3) untuk mendeskripsikan karakteristik setting kelas dalam pembelajaran Permesinan di SMK Negeri 2 Sragen Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SMK Negeri 2 Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis etnografis. Penelitian ini menghasilkan: (1) Kegiatan siswa dalam pembelajaran teori permesinan, diawali dengan mempersiapkan alat tulis dan buku teori permesinan. Kegiatan siswa tergantung dari aktivitas pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Metode yang biasa digunakan guru adalah metode ceramah, metode demonstrasi dan metode kooperatif. Kegiatan guru dalam pembelajaran teori diawali dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, sumber bahan ajar dan alat peraga, selain itu guru juga memperhatikan kesiapan kelas dan kesiapan siswa. (2) Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran teori permesinan antara lain: white board, multi media, media gambar, OHP proyektor, LCD, media cetak, sample hasil praktik pembelajaran teori. Untuk alat peraga multimedia OHP Proyektor dan LCD karena jumlahnya terbatas, maka dalam penggunaannya diatur oleh ketua program permesinan. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran praktik permesinan antara lain: gerinda tangan, hand rivet, jangka bengkok, jangka geser, jangka kaki, mesin bor, mesin bubut, mesin fris tegak, mesin fris universal, mesin gerenda, mesin gergaji, mesin skrap, mestar baja (1 m), mikrometer, tangkai snei, tangkai tap, sney 10 m, squitmatch, generator asitilin, gunting tangan lurus, ragum, regulator, trafo diesel, dan trafo las listrik. (3) Ruang pembelajaran teori permesinan menggunakan ruang kelas program keahlian permesinan, terkecuali bila guru menghendaki perubahan. Penyusunan meja dan kursi siswa ditata dengan model kelas, dengan meja guru diposisikan di depan meja siswa. Ruang pembelajaran teori permesinan dilengkapi dengan berbagai sampel hasil praktek sebagai media pembelajaran dan tempatkan pada almari hasil praktik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kegiatan siswa dan guru, alat peraga, setting kelas,permesinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Dec 2012 11:57
Last Modified: 19 Dec 2012 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item