Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) DI MA Negeri 1 Sragen

Sukamto, Sukamto (2012) Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) DI MA Negeri 1 Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa melalui model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa melalui model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Berdasarkan tujuan penelitian ini, yaitu peningkatan motivasi dan prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa, maka jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Obyek penelitian tindakan adalah pembelajaran akuntansi perusahaan jasa melalui model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), motivasi belajar akunansi perusahaan jasa siswa kelas XI IPS 3, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sragen, meningkat. Setelah tindakan pembelajaran motivasi belajar siswa yang dikategorikan dalam kategori sangat baik (SB), sedang (S), dan kurang (K), pada pra siklus motivasi belajarnya sangat baik (SB) 6 siswa atau 15%, sedang 12 siswa atau 32%, dan kurang 20 siswa atau 53%. Pada siklus I sangat baik (SB) 29 siswa atau 76%, sedang (S) 5 siswa atau 13%, dan kurang 4 siswa atau 11%, dan pada siklus II sangat baik 33 siswa atau 87%, sedang 5 siswa atau 13%, kurang tidak ada atau 0%. Prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XI IPS 3, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sragen, yang diukur dengan ketuntasan belajar, meningkat. Pada pra siklus 16 siswa atau 42% tuntas, 22 siswa atau 58% tidak tuntas, dan pada siklus I 28 siswa atau 74% tuntas, 10 siswa atau 26% tidak tuntas, kemudian pada siklus II 38 siswa atau 100% tuntas. Kemudian nilai rerata klasikal juga meningkat, yaitu pada pra siklus 65,79, pada siklus I meningkat menjadi 74,34, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,45.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar, kotekstual (contextua teaching and learning).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 10:38
Last Modified: 19 Dec 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item