Pengelolaan Pembelajaran IPS Di SDN Jombang UPT P Dan K Ngombol Kabupaten Purworejo

Riyono, Kelik (2012) Pengelolaan Pembelajaran IPS Di SDN Jombang UPT P Dan K Ngombol Kabupaten Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Perencanaan pembelajaran IPS Kelas V di SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo, 2. Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas V di SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo, dan 3. Evaluasi pembelajaran IPS Kelas V di SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa Kelas V di SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interktif analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi validitas internal (credibility), validitas eksternal (transferability), reabilitas (dependability), dan objektivitas (confermability). Hasil dari penelitian ini 1. Perencanaan pembelajaran IPS Kelas V SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo ini sesuai dengan silabus yang ada selain itu berdasarkan pada Peraturan Pemerintah NO.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana terdapat pada Standar Proses bahwa prinsip-prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Peraturan Menteri pendidikan Nasional NO.11 Tahun 2009 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI. 2. Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas V SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo dilakukan dengan langkah-langkah sesuai RPP dan disajikan oleh guru dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, secara fisik guru siap tampil untuk mentransfer materi, dan secara psikis guru menguasai materi, menyiapkan perangkat penilaian sebagai tolak ukur serta program tindak lanjut. 3. Evaluasi pembelajaran IPS yang dilakukan pada Kelas V SDN Jombang UPT P dan K Ngombol Kabupaten Purworejo menggunakan prosedur penilaian dengan cara tertulis, lisan maupun perbuatan, portofolio, sikap dan kerjasama selain itu dengan menggunakan nilai akhir hasil belajar serta nilai proses.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi, Pembelajaran IPS SD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 07:49
Last Modified: 19 Dec 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22209

Actions (login required)

View Item View Item