Arinilasari, Asri (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Sekolah Dasar (Studi Multisitus SD Negeri Nguter 1 dan 2 Kabupaten Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (409kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Bab VI)
09_BAB__VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (208kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan supervisi pembelajaran, pelaksanaan supervisi pembelajaran, dan umpan balik supervisi pembelajaran. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitiannya adalah fenomenologi. Lokasi penelitian di SD Negeri Nguter 1 dan 2 Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan d okumentasi. Kesimpulan hasil penelitian: 1.Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perencanaan Supervisi Pembelajaran: Menciptakan suasana yang intim dan terbuka dengan cara melibatkan para guru dalam membuat perencanaan supervisi pembelajaran. Mengkaji rencana pembelajaran(RPP) yang telah dibuat oleh para guru. Menentukan fokus observasi. Menentukan alat bantu (instrumen) observasi. Menentukan teknik pelaksanaan observasi. 2. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran: Melakukan observasi. Mencatat dan merekam hal -hal yang terjadi dalam proses pembelajaran sesuai kesepakatan bersama. Dalam observasi ini kepala sekolah tidak melakukan penilaian. 3. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Umpan balik Supervisi Pembelajaran: Memberi penguatan. Mengulas kembali tujuan pembelajaran. Mengulas kembali hal -hal yang telah disepakati bersama. Mengkaji data dari hasil pengamatan. Menyampaikan tawaran untuk perbaikan, tidak menyalahkan. Merahasiakan data hasil pengamatan tidak disebarluaskan. Membuat kesimpulan. Merumuskan kembali kesepakatan-kesepakatan sebagai tindak lanjut proses perbaikan berkelanjutan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, pengelolaan, supervisi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 07:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22208 |
Actions (login required)
View Item |