Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Sekolah Dasar (Studi Multisitus SD Negeri Nguter 1 dan 2 Kabupaten Sukoharjo)

Arinilasari, Asri (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Supervisi Pembelajaran Sekolah Dasar (Studi Multisitus SD Negeri Nguter 1 dan 2 Kabupaten Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB__VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan supervisi pembelajaran, pelaksanaan supervisi pembelajaran, dan umpan balik supervisi pembelajaran. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitiannya adalah fenomenologi. Lokasi penelitian di SD Negeri Nguter 1 dan 2 Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan d okumentasi. Kesimpulan hasil penelitian: 1.Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perencanaan Supervisi Pembelajaran: Menciptakan suasana yang intim dan terbuka dengan cara melibatkan para guru dalam membuat perencanaan supervisi pembelajaran. Mengkaji rencana pembelajaran(RPP) yang telah dibuat oleh para guru. Menentukan fokus observasi. Menentukan alat bantu (instrumen) observasi. Menentukan teknik pelaksanaan observasi. 2. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran: Melakukan observasi. Mencatat dan merekam hal -hal yang terjadi dalam proses pembelajaran sesuai kesepakatan bersama. Dalam observasi ini kepala sekolah tidak melakukan penilaian. 3. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Umpan balik Supervisi Pembelajaran: Memberi penguatan. Mengulas kembali tujuan pembelajaran. Mengulas kembali hal -hal yang telah disepakati bersama. Mengkaji data dari hasil pengamatan. Menyampaikan tawaran untuk perbaikan, tidak menyalahkan. Merahasiakan data hasil pengamatan tidak disebarluaskan. Membuat kesimpulan. Merumuskan kembali kesepakatan-kesepakatan sebagai tindak lanjut proses perbaikan berkelanjutan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, pengelolaan, supervisi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 07:41
Last Modified: 19 Dec 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item