Zaelani, Mohamad (2012) Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kewirausahaan Studi Situs di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01Halaman_Depan.pdf Download (539kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02Bab_I-Pendahuluan.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Bab II)
02Bab_I-Pendahuluan.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
04Bab_III-Metode_Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab IV)
05BAB_IV-Hasil_Penelitian_dan_Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
PDF (Bab V)
06BAB_V-Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
08LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02Artikel_Ilmiah_Ringkasan_Tesis-Lengkap.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi/model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan, dan assesment terhadap Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, Surakarta; (2) mendeskripsikan aspek-aspek yang menjadi sasaran atau bidang garapan kepemimpinan kepala sekolah berwawasan kewirausahaan; dan (3) mendeskresikan hambatan-hambatan dalam implementasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan. Penelitian ini dapat diketegorikan sebagai penelitian kualitatif naturalistik, menggunakan pendekatan fenomenologis dengan desain penelitian studi kasus, yaitu fenomena implementasi atau model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, Surakarta. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, sedangkan objek penelitian adalah proses implementasi atau model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan, bidang garap atau sasaran, hambatan-hambatan, faktor pendukung keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut ini. Pertama, pola kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat merupakan sesuatu yang bersifat by design, disengaja dan direncanakan, sebagai sebuah pilihan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Pilihan ini disadarkan pada dua alasan: subjektif (pengalaman pribadi kepala sekolah) dan objektif (kebutuhan sekolah). Kedua, karakteristik kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan meliputi: (1) kepemimpinan bersifat transformatif, (2) mengikuti prinsip birokrasi kewirausahaan, (2) etos kepemimpinan kewirausahaan sekolah sebagai landasan watak dan nilai, dan (3) strategi kepemimpinan kewirausahaan sekolah sebagai dasar implementasi. Ketiga, aspek-aspek sasaran kewirausahan sekolah meliputi kreativitas dan inovasi di bidang akademik dan nonakademik. Inovasi di bidang akademik meliputi: (1) pengembangan kurikulum berbasis riset; (2) pembaruan di dalam sistem pengajaran; dan (3) supervisi dialogis dan berkelanjutan. Sedangkan inovasi di bidang nonakademik meliputi: (1) investasi lahan jati di Sumberlawang; (2) bisnis sebagai pengembang perumahan; dan (3) usaha di bidang katering sekolah. Ketiga, implementasi kepemimpinan kepala sekolah berbasis kewirausahaan berdampak positif bagi pengembangan/kemajuan sekolah: (1) iklim kerja yang kondusif; (2) prestasi belajar siswa meningkat; (3) kepercayaan publik (trust) terhadap sekolah semakin kokoh; (5) kemandirian sekolah; dan (6) kesejahteraan guru dan karyawan. Hambatan-hambatan meliputi: (1) guru dan staf yang masih mengikuti paradigma berpikir lama, yang cenderung birokratis, kurang kreatif, dan kurang berani mengambil inisiatif; (2) belum adanya orang yang menangani secara khusus usaha-usaha sekolah; (3) birokrasi pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah masih berpola lama, cenderung berbelit-belit, kurang memberi ruang untuk kreativitas dan inovasi bagi kepala sekolah; dan belum adanya blue print kewirausahaan sekolah. Faktor-faktor pendukung di antaranya: (1) para guru dan staf yang kebanyakan kaum muda usia sehingga relatif masih mudah berubah mindset-nya untuk berpikir maju; (2) kepala sekolah yang berjiwa pengusaha; dan (3) adanya dukungan dari stakeholders sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kewirausahaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 07:32 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22207 |
Actions (login required)
View Item |