Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo

Utomo, Heru (2012) Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini layak untuk dikaji, karena pendidikan karakter berbasis nilainilai keislaman sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa dalam akademik maupun prestasi lainnya, ditunjukkan dengan perilaku yang mencerminkan nilainilai Islami dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengungkap proses penyelenggaran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah, (2) Untuk mengungkap pendekatan apa yang dilakukan dalam penyelenggaran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa SMAIT Nur Hidayah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data dengan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data dengan model analisis mengalir. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; (1) Proses penyelenggaraan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo dimulai dengan membuat konsep pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman, di dalamnya terdapat visi, misi, tujuan sekolah yang berlandaskan Alqur`an dan Assunnah. Kemudian dibuat sebuah program kerja sekolah yang selanjutnya direalisasikan dalam pembentukan lingkungan sekolah yang Islami, pembinaan guru dan siswa melalui model mentoring dan dimasukkan dalam kurikulum yang terintegrasi kedalam semua mapeteri pelajaran, (2) Pendekatan yang dilakukan dalam merealisasikan program pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman adalah pendekatan kurikulum dan pembelajaran, pendekatan keteladanan dan pendekatan pembiasaan. Semua model pendekatan tersebut dikemas dalam bingkai keislaman disesuaikan dengan Al Quran dan Assunnah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Siswa, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai keislaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 07:11
Last Modified: 19 Dec 2012 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item