Utomo, Heru (2012) Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (587kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini layak untuk dikaji, karena pendidikan karakter berbasis nilainilai keislaman sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa dalam akademik maupun prestasi lainnya, ditunjukkan dengan perilaku yang mencerminkan nilainilai Islami dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengungkap proses penyelenggaran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah, (2) Untuk mengungkap pendekatan apa yang dilakukan dalam penyelenggaran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa SMAIT Nur Hidayah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data dengan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data dengan model analisis mengalir. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; (1) Proses penyelenggaraan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo dimulai dengan membuat konsep pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman, di dalamnya terdapat visi, misi, tujuan sekolah yang berlandaskan Alqur`an dan Assunnah. Kemudian dibuat sebuah program kerja sekolah yang selanjutnya direalisasikan dalam pembentukan lingkungan sekolah yang Islami, pembinaan guru dan siswa melalui model mentoring dan dimasukkan dalam kurikulum yang terintegrasi kedalam semua mapeteri pelajaran, (2) Pendekatan yang dilakukan dalam merealisasikan program pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman adalah pendekatan kurikulum dan pembelajaran, pendekatan keteladanan dan pendekatan pembiasaan. Semua model pendekatan tersebut dikemas dalam bingkai keislaman disesuaikan dengan Al Quran dan Assunnah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Siswa, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai keislaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 07:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22205 |
Actions (login required)
View Item |