Rakhmiyati, Siti (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Unggul: (Studi Situs di SD Negeri 16 Mangkubumen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_Bab_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
04_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
PDF (Bba III)
05_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07_Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab VI)
08_Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
01_Artikel_Publikasi.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Adapun secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) karakteristik tata ruang di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta; 2) karakteristik hubungan kerja guru Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dan solusi yang dilakukan; dan 3) karakteristik keberterimaan masyarakat terhadap kepala sekolah di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian adalah etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rancangan situs tunggal. Komponen analisis data terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Keabsahan data diperoleh melalui teknik trianggulasi, key informant review dan member check. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tata ruang sekolah dirancang dengan mengacu pada pada Standar Sarana dan Prasarana yang diatur dalam PP. No. 19 tahun 2005. Pengaturan tata ruangan kelas di mana di setiap kelas diberi pajangan hasil karya siswa dilakukan sesuai prinsip pembelajaran PAKEM; 2) Hubungan kerja guru Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta adalah bahwa hubungan profesional antara kepala sekolah dengan guru mencakup hubungan pembinaan, pembimbingan, pemberian motivasi, dan monitoring pelaksanaan pembelajaran. Keempat pola hubungan tersebut dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam kerja sehari-hari; dan 3) Keberterimaan masyarakat terhadap kepala sekolah di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kidul Kota Surakarta ditandai dengan adanya dukungan baik materiil maupun non materiil yang diberikan oleh stakeholder sekolah dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kidul Kota Surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan kepala sekolah, sekolah unggul, dan tata ruang sekolah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 06:45 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22201 |
Actions (login required)
View Item |