Kepemimpinan Kepala Sekolah Unggul: (Studi Situs di SD Negeri 16 Mangkubumen)

Rakhmiyati, Siti (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Unggul: (Studi Situs di SD Negeri 16 Mangkubumen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_Bab_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bba III)
05_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab VI)
08_Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
01_Artikel_Publikasi.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Adapun secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) karakteristik tata ruang di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta; 2) karakteristik hubungan kerja guru Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dan solusi yang dilakukan; dan 3) karakteristik keberterimaan masyarakat terhadap kepala sekolah di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian adalah etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rancangan situs tunggal. Komponen analisis data terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Keabsahan data diperoleh melalui teknik trianggulasi, key informant review dan member check. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tata ruang sekolah dirancang dengan mengacu pada pada Standar Sarana dan Prasarana yang diatur dalam PP. No. 19 tahun 2005. Pengaturan tata ruangan kelas di mana di setiap kelas diberi pajangan hasil karya siswa dilakukan sesuai prinsip pembelajaran PAKEM; 2) Hubungan kerja guru Sekolah Dasar unggul di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kecamatan Laweyan Kota Surakarta adalah bahwa hubungan profesional antara kepala sekolah dengan guru mencakup hubungan pembinaan, pembimbingan, pemberian motivasi, dan monitoring pelaksanaan pembelajaran. Keempat pola hubungan tersebut dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam kerja sehari-hari; dan 3) Keberterimaan masyarakat terhadap kepala sekolah di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kidul Kota Surakarta ditandai dengan adanya dukungan baik materiil maupun non materiil yang diberikan oleh stakeholder sekolah dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri Nomor 16 Mangkubumen Kidul Kota Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, sekolah unggul, dan tata ruang sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2012 06:45
Last Modified: 19 Dec 2012 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item