Rifai, Rifai (2012) Pengembangan Sekolah Menuju SBI (Studi Situs SMP Negeri 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (559kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (757kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1). Mendeskripsikan manajemen pengembangan SDM dalam pemenuhan standar SBI di SMP Negeri 1 Surakarta. (2). Mendeskripsikan manajemen pengembangan kurikulum dalam pemenuhan standar SBI di SMP Negeri 1 Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah, guru, staf karyawan dan siswa SMP Negeri 1 Surakarta yang beralamat di Jalan MT. Haryono No. 4 Manahan kecamatan Banjarsari kota Surakarta, Telp. 0271 - 714866. Data didapat dari sumber data dokumen atau arsip yang digunakan meliputi: rencana strategis pengembangan sekolah dan KTSP SMP Negeri 1 Surakarta, profil sekolah, serta latar belakang sejarah SMP Negeri 1 Surakarta, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, kurikulum SMP Negeri 1 Surakarta, Perangkat Belajar, program pendidikan dan pelatihan tenaga kependidikan dan pendidik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengembangan manajemen SDM SBI adalah (1). Adanya uji sertifikat guru dari Cambridge London yang berfungsi menguji kelayakan membuat RPP (Lesson Plan) dan mengajar guru menggunakan bahasa Inggris. (2). Adanya Peningkatan kompetensi mengajar guru melalui survei peserta didik berdasarkan kuesioner yang telah dirancang oleh Penjaminan Mutu sesuai dengan ISO 9001:2008. (3). Adanya peningkatan kompetensi tenaga kependidikan berdasarkan kuesioner yang telah dirancang oleh Penjaminan Mutu sesuai dengan ISO 9001:2008. (4). Adanya pelatihan tenaga kependidikan tentang manajemen penjaminan mutu ISO 9001:2008 untuk menjamin kepuasan mutu pelayanan pendidikan. Pengembangan manajemen kurikulum SBI adalah (1). Adanya koordinasi dengan Dikspora dalam pengembangan kecerdasan lokal. (2). Telah digunakannya kurikulum (Standar Isi) tahun 2011, dalam kurikulum 2011 adanya materi SMA yang dimasukkan kedalam materi SBI. (3). Proses belajar mengajar telah menggunakan kurikulum 2011 yang telah dilaksanakan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik memasuki jenjang menengah atas selain itu menyiapkan peserta didik dalam menanggapi kompetensi global. (4). Dalam proses belajar mengajar mengimplementasikan ISO 14001:2004 yang berbasiskan lingkungan (pendidikan karakter geologi mengarah kepada lingkungan).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SBI, Pengembangan Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 06:17 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 08:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22198 |
Actions (login required)
View Item |