Pramono, Antok Dwi (2012) Pengelolaan Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Eksperimen di MAN Paron Kabupaten Ngawi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (288kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Download (265kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (939kB) |
Abstract
Ada 3 tujuan penelitian yang ingin dicapai. 1. Mendeskripsikan karakteristik tempat pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen di MAN Paron kabupaten Ngawi. 2. Mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen di MAN Paron kabupaten Ngawi. 3. Mendeskripsikan karakteristik aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen di MAN Paron kabupaten Ngawi. Penelitian ini dilakukan di MAN Paron kabupaten Ngawi. Jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi etnografi. Dalam penelitian ini digunakan 3 teknik pengumpulan data. 1. Observasi partisipasi, 2. Wawancara mendalam, 3. Dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan / verifikasi. Dalam penelitian ini disajikan data dalam bentuk deskriptif, yang di ambil dari hasil observasi, wawancara, studi dokumentasi. Dari data tersebut kemudian dilakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Ada 3 hal yang di hasilkan penelitian ini adalah: 1. Peralatan utama yang ada di laboratorium fisika di tingkat SMA/MA terdiri dari kit peralatan, yaitu: kit mekanika, kit optika, kit listrik dan magnet, kit hidrostatika dan panas. 2. Pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen, mengawalinya dengan kegiatan demonstrasi, agar memudahkan siswa dalam melakukan eksperimen. 3. Pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang kuat pada diri siswa, antara lain: tanggung jawab dan kerjasama
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran fisika, metode eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 05:47 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 08:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22194 |
Actions (login required)
View Item |