Pengelolaan Taman Pendidikan Alquran (Studi Situs SDN Panjang 02 Ambarawa)

Mintarti , Sri (2012) Pengelolaan Taman Pendidikan Alquran (Studi Situs SDN Panjang 02 Ambarawa). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN-SRI_MINTARTI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I-SRI_MINTARTI.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II-SRI_MINTARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III-SRI_MINTARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV-SRI-MINTARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V-SRI_MINTARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI-SRI_MINTARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA-SRI_MINTARTI.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_SRI_MINTARTI.pdf

Download (870kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengelolaan Taman Pendidikan Alquran (TPA) SDN Panjang 02 Ambarawa, dan (2) untuk mendeskripsikan Peranan Taman Pendidikan Alquran (TPA) dalam membina akhlak anak di SDN Panjang 02 Ambarawa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di TPA SDN Panjang 02 Ambarawa. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakandalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kegiatan perencanaan diawali dengan rapat dengan dewan guru untuk membahas kegiatan administrasi dan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan administrasi berisi keadaan bangunan yang digunakan dalam KBM dan sarana dan prasarana pendukung TPA. Dalam pelaksanaan pendidikan di TPA juga dibutuhkan adanya pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik yaitu jenjang pendidikan, umur dan kelas, materi pelajaran, alokasi waktu, metode pengajaran,kalender pendidikan, kurikulum, daya tarik dan khataman atau wisuda. Dalam pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar di TPA berdasarkan pada buku saku yang dibuat pengelola TPA. Di TPA SDN Panjng 02 melakukan kegiatan evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa. Evaluasi diawal KBM dengan cara menyuruh santri untuk menghafal materi yang telah diajarkan sebelumnya.Evaluasi pada saat KBM sedang berlangsung dengan cara memberikan tugas-tugas dan juga bertanya langsung kepada siswa. Evaluasi pada akhir KBM dilakukan dengan membaerikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan. Evaluasi juga dilakukan pada akhir semester. (2) Pelaksanaan TPA SDN Panjang 02memiliki peranan untuk mewujudkan visi sekolah yaitu mencetak siswa-siswi yang cerdas, terampil, santun berbudi pekerti luhur dan agamis. Dalam paket materi pokok di TPA berkaitan dengan pembinaan akhlak siswa antara laindoa dan adab harian, dinul islam, tahsinul kitabah. Materi pembelajaran yang d iajarkan di TPA sebagai salah satu upaya pembinaan aklahk siswa adalah materi tentang dinul islam. Peranan TPA yang lain dalam pembinaan akhlak siswa adalah dalam pemberian pengetahuan tentang ibadah. Pengetahuan tentang ibadah yang diberikan oleh guru di TPA antara lain bagaimana cara salat yang baik dan benar, bagaimana cara wudu yang benar, atau bagaimana cara membaca dan menulis huruf arab yang benar, dll.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: taman pendidikan alquran, pengelolaan, peranan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 05:08
Last Modified: 19 Dec 2012 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22190

Actions (login required)

View Item View Item