Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Bakulan Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Rahayu, Puji (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Bakulan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (988kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan (2) untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan (3) untuk mengidentifikasi indikator keberhasilan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa kelas IV SD Negeri Bakulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Prosedur penelitian yang dinilai akurat dan memenuhi harapan menggunakan desain Metode Alur dari Kemmis dan Taggart, dengan langkah sebagai berikut (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) evaluasi dan (4) refleksi. Kriteria keberhasilan PTK ini adalah : (1) meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada “Kemampuan membaca pemahaman“ siswa dalam pembelajaran, (2) meningkatnya kerjasama dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan keberhasilan secara undividu maupun kelompok, (3) sebanyak 90% siswa telah menguasai bahasa Indonesia khusus pada kemampuan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata minimal 70. Teknik skrambel dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Bakulan Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Membaca pemahaman siswa sebelum diperkenalkan pendekatan skrambel masih rendah. Setelah dilaksanakan beberapa kali tindakan, kemampuan membaca pemahaman siswa dapat meningkat hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menjawab isi pertanyaan, menentukan ide pokok pada setiap paragraf, meringkas isi bacaan, dan membuat kesimpulan maka pendekatan tersebut akan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Sampai dengan siklus III kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Bakulan mengalami peningkatan 90,48%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: teknik skrambel. kemampuan membaca pemehaman siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2012 08:09
Last Modified: 18 Dec 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22181

Actions (login required)

View Item View Item