Rahayu, Puji (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Teknik Skrambel Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Bakulan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (988kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan (2) untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan (3) untuk mengidentifikasi indikator keberhasilan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik skrambel pada siswa kelas IV SD Negeri Bakulan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa kelas IV SD Negeri Bakulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Prosedur penelitian yang dinilai akurat dan memenuhi harapan menggunakan desain Metode Alur dari Kemmis dan Taggart, dengan langkah sebagai berikut (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) evaluasi dan (4) refleksi. Kriteria keberhasilan PTK ini adalah : (1) meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada “Kemampuan membaca pemahaman“ siswa dalam pembelajaran, (2) meningkatnya kerjasama dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan keberhasilan secara undividu maupun kelompok, (3) sebanyak 90% siswa telah menguasai bahasa Indonesia khusus pada kemampuan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata minimal 70. Teknik skrambel dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Bakulan Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Membaca pemahaman siswa sebelum diperkenalkan pendekatan skrambel masih rendah. Setelah dilaksanakan beberapa kali tindakan, kemampuan membaca pemahaman siswa dapat meningkat hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menjawab isi pertanyaan, menentukan ide pokok pada setiap paragraf, meringkas isi bacaan, dan membuat kesimpulan maka pendekatan tersebut akan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Sampai dengan siklus III kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Bakulan mengalami peningkatan 90,48%.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik skrambel. kemampuan membaca pemehaman siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 08:09 |
Last Modified: | 18 Dec 2012 08:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22181 |
Actions (login required)
View Item |