Hendra, Hendra (2012) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Orientasi Akademik Dengan Perilaku Menyontek Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (852kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Lmapiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (509kB) |
Abstract
Latar belakang: Perilaku menyontek dianggap menjadi hal yang biasa dikalangan siswa maupun mahasiswa, sehingga perlu untuk dicarikan solusi dan langkah pemecahan masalah dalam hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan masalah ini, diantaranya adalah efikasi diri dan orientasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa pada pelajaran matematika. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tiga skala, yaitu 1) skala efikasi diri, 2) skala orientasi akademik, dan 3) skala perilaku menyontek. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di siswa Kelas X SMA Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Jumlah sampel sebanyak 111 siswa yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 15.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketiga hasil uji hipotesisnya yaitu: (1). Ada Hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai F = 68,649 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). (2). Ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa, hal ini dintujukkan dengan nilai rx1y = 0,633 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). dan (3). Ada hubungan yang sangat signifikan antara orientasi akademik dengan perilaku menyontek, hal ini ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,741 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Peranan atau sumbangan efektif dari variabel efikasi diri dan orientasi akademik terhadap perilaku menyontek adalah sebesar 56%. Berdasarkan perhitungan tabel analisis koefisien determinasi didapat nilai R2 = 0,560 (56%). Kesimpulan: ada hubungan antara efikasi diri dan orientasi akademik dengan perilaku menyontek siswa SMA Negeri I Wonosari pada mata pelajaran matematika, baik secara parsial maupun bersama-sama.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri, Orientasi Akademik, Perilaku Menyontek |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 11:10 |
Last Modified: | 17 Dec 2012 12:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22158 |
Actions (login required)
View Item |