Listyorini, Endang (2012) Pengelolaan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Situs di SMA Batik 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
cover.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._TESIS_BAB_1.pdf Download (452kB) |
|
PDF (Bab II)
03._TESIS_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
PDF (Bab III)
04._TESIS_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._TESIS_BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
PDF (Bab V)
06._TESIS_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
PDF (Bab VI)
07._TESIS_BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Lamp_endang.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Karakteristik aktivitas pembelajaran guru pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw. 2) Karakteristik interaksi pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran sejarah. 3) Karakteristik media pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. Subyek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMA Batik 1 Surakarta. Informasi kunci adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirambilitas. Hasil penelitian ini adalah : 1). Semakin sering guru mempersiapkan perangkat pembelajaran, maka dalam pelaksanaan pembelajarannya akan semakin baik. 2). Semakin sering dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, maka dalam pelaksanaan pembelajaran akan semakin inovatif dan kreatif. 3). Semakin sering diadakan evaluasi, maka siswa akan semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi belajarnya. 4). Melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, interaksi social antar siswa akan semakin erat. 5). Semakin banyak menggunakan media pembelajaran seperti internet, LCD proyektor, peta dan gambar-gambar, maka siswa semakin mudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Aktivitas, Interaksi, Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 11:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2012 11:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22157 |
Actions (login required)
View Item |