Waluyo, Agus Sri (2012) Membangun Game Main Kata Dengan Macromedia Flash. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (342kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08.__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini banyak orang-orang tidak mengerti cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk menghindari keadaan yang lebih parah dan makin ditinggalkan, alangkah baiknya jika melatih menggunakan bahasa Indonesia diajarkan dari usia anak-anak agar nanti di waktu dewasa sudahterbiasa dengan bahasa nasional ini. Cara mendidik agar anak mau menerima adalah dengan metode game interaktif, karena waktu bermain bisa sambil belajar. Model Game interaktif pada penelitian ini penulis ambil dari sebuah acaragame kuis bernama “Main Kata” yang ditayangkan di suatu acara televisi swasta. Game ini lebih lebih ditekankan pada tampilan animasi-animasi agar menarik. Permainan yang disajikan dengan model permainan yang berbeda-beda seperti: pilih kata, susun kata, cari kata, teka-teki silang dan isian kata. Untuk tahap-tahap perancangan yang dimulai dari analisa kebutuhan dan data, perancangan dan pembuatan, pengujian sistem hingga yang terakhir yaitu penulisan laporan. Hasil akhir dari tahap-tahapan tersebut ternyata telah menghasilkan sebuah sistem yang dapat membantu pengguna untuk menyediakan media hiburan yang mendidik. Sehingga membuat pengguna yaitu anak merasa lebih menyenangkan, tidak mudah bosan dan rasa panasaran yang akan membuat anak menjadi semangat lagi untuk belajar. Dengan bukti hasil kuisioner untuk mengukur manfaat dan tujuan dari sistem ternyata telah tercapai dengan bukti 83% anak mengatakan setuju tentang nilai positif pada game ini karena sifat game yang mendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaul, bahasa Indonesia, mendidik, game interaktif, bermain. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 14 Dec 2012 11:44 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 04:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22116 |
Actions (login required)
View Item |