Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Di Kelas Iii Sd Negeri Langenharjo 02 Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2012/2013

Ratnawati, Endah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Di Kelas Iii Sd Negeri Langenharjo 02 Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (783kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (647kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran penemuan melalui metode penemuan pada mata pelajaran matematika di kelas III semester I SDN Langenharjo 02 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi Pecahan. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis PTK yang bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III. Subyek penelitian adalah guru kelas III dan siswa kelas III SDN Langenharjo 02. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu jenis PTK dengan beberapa siklus pembelajaran. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai 4 buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Langenharjo 02 melalui metode pembelajaran penemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prosentase hasil belajar siswa dari setiap siklus. Prosentase ketuntasan belajar secara klasikal dari pra siklus yaitu 54,17% , siklus I pertemuan I yaitu 54,17%, siklus I pertemuan II yaitu 70,83%, dan siklus II yaitu 87,50%, sehingga dapat dikatakan mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, metode pembelajaran penemuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2012 07:05
Last Modified: 14 Dec 2012 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item