Diagnosis Kesulitan Belajar Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Aspek Kognitif Matematika (Pada Siswa Kelas Vii Mts Muhammadiyah Blimbing, Polokarto, Sukoharjo)

Hayuningtyas, Budi (2012) Diagnosis Kesulitan Belajar Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Aspek Kognitif Matematika (Pada Siswa Kelas Vii Mts Muhammadiyah Blimbing, Polokarto, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesulitan siswa pada materi aritmatika sosial dan untuk mendeskripsikan prosentase tingkat kesulitan belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. dimana penelitian ini berusaha menjelaskan atau mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian, yang terjadi pada saat sekarang. Dengan perkataan lain penelitian ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalahmasalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII G MTs Muhammadiyah Blimbing, sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII F MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, wawancara dan dokumentasi. Soal test atau soal penelitian diambil dari soal try out yang sudah diuji kevalidannya. Dari 12 soal try out yang diujikan ada 10 soal yang valid. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai seluruh siswa adalah 62,7. Dari hasil perhitungan prosentase diperoleh bahwa prosentase kesulitan siswa yakni kesulitan dalam penerapan konsep sebesar 38,13%, kesulitan dalam penggunaan rumus sebesar 34,1%, dan kesulitan dalam perhitungan sebesar 42,2%. Analisa diagnosis menunjukan bahwa siswa kelas VII F mengalami Under Achiver (Pencapaian Rendah) adalah mengacu kepada murid-murid yang memiliki tingkat potensi intelektual di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Under Achiver (Pencapaian Rendah) ini berbeda-berbeda antara siswa putera dan puteri. Under Achiver pada siswa putera adalah pada tahap pemahaman dan aplikasi sementara siswa puteri mengalami Under Achiver pada tahap analisa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Aritmatika Sosial, Aspek Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2012 11:04
Last Modified: 13 Dec 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item View Item