Pengaruh Perbandingan Tepung Terigu Dan Tepung Bonggol Pisang ( Musa Paradisiaca ) Terhadap Daya Serap Air Dan Daya Terima Brownies

HANDISKAWATI, HANDISKAWATI (2012) Pengaruh Perbandingan Tepung Terigu Dan Tepung Bonggol Pisang ( Musa Paradisiaca ) Terhadap Daya Serap Air Dan Daya Terima Brownies. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (659kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (645kB)

Abstract

Bonggol pisang dapat diolah menjadi tepung yang dapat digunakan sebagai pensubstitusi dengan tepung terigu, memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur daya serap air pada tepung bonggol pisang dan daya terima brownies pada berbagai perbandingan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji daya serap air dan uji daya terima atau kesukaan. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kali perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu 0%, 10%, 20%, dan 30%. Variabel yang akan diteliti meliputi variabel bebas yaitu perbandingan tepung terigu dan tepung bonggol pisang sedangkan variabel terikat yaitu daya serap air dan daya terima brownies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji daya serap air pada tepung bonggol pisang yang paling tinggi adalah pada suhu 80o C. Sedangkan pada uji daya terima atau kesukaan panelis secara umum menilai suka pada brownies dengan substitusi 30%. Berdasarkan uji One Way Anova diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang segnifikan pada daya terima warna dan rasa sehingga diketahui bahwa terdapat pengaruh substitusi daya terima warna dan rasa terhadap brownies tepung bonggol pisang. Adanya pengaruh substitusi dari masing-masing perlakuan dilanjutkan dengan uji LSD (Lest Significant Difference). Sedangkan pada daya terima aroma, tekstur, dan kesukaan keseluruhan tidak ada pengaruh yang signifikan atau tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya dan memicu peneliti lanjutan untuk meneruskan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brownies, Tepung bonggol pisang, Uji daya serap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2012 05:12
Last Modified: 17 Sep 2022 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item